Minggu, 23 Agustus 2020

Jaringan Komputer #04 - Komunikasi Data dengan Telepon Seluler

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Bismillahirrohmaninrrohim, yang pertama mari kita selalu berdoa memohon kepada Alloh agar kita semua beserta keluarga kita  diberikan perlindungan oleh Alloh SWT dari segala bencana, keburukan dan penyakit. Yah kita harus benar-benar berupaya untuk menjaga diri dari wabah Covid-19 yang saat ini kembali merebak dengan angka yang cukup tinggi di berbagai daerah termasuk Wonosobo, Magelang, Purworejo dan sekitarnya.

Okey anak-anak kelas 8 semua, hari ini kita masih membahas tentang jaringan komputer yang masih tersisa sedikit. Materi terakhir dari Bab 1 ini adalah tentang Komunikasi Data dengan Telepon Seluler. Yah, adanya wabah Covid-19 ternyata membawa dampak positif juga, diantara adalah kalian menjadi terbiasa dan semakin mahir menggunakan gadget atau gawai (HP Android, Tablet atau iPad) untuk keperluan pembelajaran dan komunikasi sosial. Beberapa teman yang lain bahkan menjadi familier setelah mempunyai gadget sendiri dari yang semula belum memiliki gadget, oleh karena itu jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada Alloh, berterima kasih kepada orangtua dan menggunakan gadget untuk hal yang positif dan bermanfaat.

1. Komunikasi Data
Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi yang terdiri dari dua atau lebih perangkat yang terhubung ke dalam sebuah jaringan. Terdapat 3 komponen dasar dalam komunikasi data, yaitu;

  • Sumber data (Source), yaitu elemen yang bertugas mengirimkan informasi/data. Contohnya, telepon, faksimile dan terminal.
  • Media Transmisi, yaitu media yang digunakan untuk mengirimkan data dari sumber data ke penerima. Contohnya, kabel coaxial, kabel serat optik dan gelombang elektromagnetik.
  • Penerima (Receiver), yaitu elemen yang bertugas untuk menerima informasi/data. Contohnya, telepon, faksimile dan terminal.
Tujuan penggunaan komunikasi data ini adalah untuk mengirimkan data dalam jumlah besar dan waktu yang singkat dari suatu tempat ke tempat lain tanpa ada kesalahan.

2. Contoh Komunikasi Data Menggunakan Telepon Seluler
Tahukah kalian, fasilitas apa saja yang ada di gadget kalian? Pernahkah kalian mengoperasikan atau menggunakan setiap fasilitas yang ada di dalamnya. Yah, tentu banyak sekali dan masih bisa terus ditambahkan jika kapasitas penyimpanan dan kapabilitasnya memadai. Tapi sebaiknya tidak hanya untuk gaya-gayaan dengan memperbanyak aplikasi, karena dampaknya gadget menjadi "lemot" atau  "lola" (loading lambat) dan kurang bermanfaat karena akan banyak membuang waktu sia-sia. Banyak hal positif yang bisa dilakukan dari sekedar asyik bermain gadget yang kurang baik bagi kesehatan mata dan juga kesehatan tubuh lainnya.

Perkembangan teknologi membuat telepon seluler semakin canggih. Banyak fitur yang ditambahkan ke dalam telepon seluler ini. Salah satunya dalah memudahkan dalam hal komunikasi data, sehingga proses transformasi informasi menjadi simple dan mudah. Berikut ini beberapa teknologi yang ada yang diciptakan untuk memudahkan dalam komunikasi data.

a. Bluetooth
Bluetooth adalah peralatan yang digunakan untuk menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lainnya tanpa menggunakan media kabel, misalnya smartphone dengan smartphone dan perangkat lain yang terpasang bluetooth. Bluetooth beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz dengan menggunakan frekuensi hopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi tanpa kabel dengan jarak yang terbatas (sampai dengan 10 meter). 
Bluetooth berfungsi untuk media komunikasi antar perangkat sehingga mempermudah pengiriman atau sharing file, audio bahkan video. Bluetooth sendiri sebenarnya diciptakan untuk menggantikan media kabel sebagai media perantara sehingga lebih praktis dan efisien.

b. USB
Universal Serial Bus (USB) adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA. 
Perangkat telepon seluler atau smartphone saat ini selalu dilengkapi dengan kabel USB yang desainnya umum. Ujung konektor kabel yang dimasukkan ke perangkat seluler disebut Micro USB, sedangkan ujung konektor lainnya untuk dimasukkan ke perangkat komputer/laptop dengan Standar-A USB. Selain untuk mengisi daya baterai perangkat seluler, kabel USB juga dapat digunakan untuk menghubungkan seluler dengan komputer, dimana bisa digunakan untuk memindahkan data dari perangkat seluler ke komputer ataupun sebaliknya.

c. WiFi
WiFi atau Wifi adalah singkatan dari “Wireless Fidelity” yaitu suatu teknologi komunikasi nirkabel (tanpa kabel) yang memanfaatkan gelombang radio untuk menghubungkan dua perangkat atau lebih untuk dapat saling bertukar informasi. Banyak fungsi dari WiFi yang bisa kita gunakan, tidak hanya sebagai jaringan internet saja, tetapi dapat digunakan untuk berbagi (sharing) data. Keunggulan dalam berbagi data melalui jaringan WiFi adalah tidak perlu memakai kabel apapun sehingga lebih mudah dan cepat. Untuk berbagi data lewat WiFi ini biasanya dibutuhkan aplikasi pendukung lainnya untuk memudahkan dalam pemindahan file atau data. Aplikasi pendukung yang bisa digunakan diantaranya adalah Xender dan ES File Explorer. 

PENJELASAN TUGAS DAN ULANGAN HARIAN
  1. Pelajari materi Jarkom 3 dan 4, di bagian paling bawah akan ada LINK TUGAS, yang berisi soal latihan dan mengumpulkan tugas hari ini.
  2. Minggu depan (Senin 31 Agustus 2020) akan ada ULANGAN HARIAN 1, untuk materi silahkan pelajari materi Jarkom 1 sampai 4 yang ada di website ini.
  3. Nilai kalian ditentukan oleh Nilai Tugas dan Ulangan Harian, jadi silahkan untuk diselesaikan dengan sebaik-baiknya.
TUGAS
Tugas yang harus di-upload pada hari ini ada 3;
  1. Foto hasil resume/ringkasan materi minggu yang lalu (jaringan komputer #3)
  2. Foto hasil resume/ringkasan materi hari ini (jaringan komputer #4)
  3. Foto hasil pengerjaan langkah-langkah cara tethering HP, jadi untuk tugas 3 buatlah tulisan langkah-langkah urutan cara membuat agar HP menjadi sumber sinyal WiFi atau hotspot. 
Siapkan 3 tugas di atas, tulis di kertas/buku, lalu foto dan kirim ke link di bawah ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar