Senin, 03 Agustus 2020

Jaringan Komputer #02 - Klasifikasi Jaringan, Intranet dan Internet

Intranet dan Internet
(Materi Pertemuan 2, Informatika SMP Kelas 8 Semester 1)

Zaman sekarang, internet bahkan menjadi konsumsi primer dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang telah menggunakan layanan internet untuk membantu kebutuhan sehari-hari, seperti mencari berita online, melamar pekerjaan, menghubungi kerabat, dan sebagainya. Yuk baca perbedaan internet dan intranet sampai selesai.

Selain internet, ternyata ada jaringan yang bernama intranet yang masih asing di pendengaran bahkan sebagian orang belum memahami sama sekali tentang apa itu intranet. Bisa jadi banyak yang masih menganggap sama padahal tidak demikian.

Intranet dan Internet
Internet dan intranet adalah istilah yang terkait erat. Internet dan Intranet adalah dua konsep yang serupa, beberapa orang mungkin bingung dengan istilah ini atau menggunakannya secara bergantian. Meskipun ada kesamaan, namun perbedaan internet dan intranet sangat signifikan. Internet dan intranet juga digunakan untuk tujuan yang sangat berbeda. Nah, di sini akan dijelaskan pengertian dan perbedaan antara internet dan intranet.

1. Pengertian Intranet

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan intranet (internal network)? Pengertian intranet adalah suatu jaringan privat (private network) yang terhubung dengan menggunakan protokol-protokol internet TCP/ IP, untuk berkomunikasi dan mengirim informasi rahasia dalam lingkup terbatas, misalnya; Sekolah, Universitas, dan Perusahaan.

Dengan kata lain, intranet adalah suatu jaringan internet tertutup dengan skala yang terbatas, atau jaringan internet pribadi. Intranet biasanya dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan tertentu yang tidak dapat diakses oleh pihak luar secara bebas.

Suatu organisasi dapat membangun intranet jika memiliki beberapa komponen protokol internet yang sering digunakan, baik itu hardware maupun software. Diantaranya; komputer client, server, hub, modem, dan protokol internet (HTTP, FTP, POP3, SMTP, dan lainnya).

Menurut M. Miftakul Amin (2012:181), pengertian intranet adalah local area network (LAN) yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet, diibaratkan berInternet dalam lingkungan lokal.

Sejarah Intranet
Penggunaan intranet berawal dari ditemukannya World Wide Web (WWW) oleh Tim Berners Lee dan rekan-rekannya pada tahun 1989. Kala itu, internet dan jaringan komputer pribadi sangat populer di berbagai perusahaan dan instansi.

Pada tahun 1995, intranet mulai diperkenalkan oleh beberapa provider produk jaringan sesuai dengan kebutuhan informasi dalam bentuk web pada suatu perusahaan. Dengan intranet, suatu organisasi dapat melakukan berbagai kegiatan, mulai dari komunikasi data standar hingga mengirimkan informasi rahasia.

Penggunaan intranet di dalam perusahaan tidak pernah lepas dari perkembangan internet. Kedua teknologi ini dapat membantu menyelesaikan berbagai masalah dalam perusahaan, misalnya efektivitas dan efisiensi kerja.

Penggunaan intranet di perusahaan adalah untuk membantu suatu alat dan aplikasi, misalnya kolaborasi dalam kerjasama, manajemen proyek, manajemen hubungan dengan pelanggan, dan lain sebagainya, sehingga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.

Fungsi dan Manfaat Intranet
Mengacu pada pengertian intranet yang disebutkan di atas, fungsi utama dari intranet adalah untuk menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain atau perangkat jaringan, seperti; server, switch, printer, acces point. Namun, pada intranet akses layanannya hanya terbatas dalam satu lokasi saja, misalnya dalam Sekolah, Universitas, atau Perusahaan.

2. Pengertian Internet

Apa yang dimaksud dengan internet (interconnection-networking)?
Pengertian Internet adalah suatu jaringan komunikasi global yang menghubungkan milyaran jaringan komputer secara terbuka dengan menggunakan sistem standar global transmission control protocol/ internet protocol suite (TCP/ IP).

Ada juga yang menjelaskan bahwa definisi internet adalah International Network, dimana semua tipe dan jenis komputer di seluruh dunia dapat terhubung dengan memakai tipe komunikasi seperti telepon, satelit, dan lainnya.

Internet adalah singkatan dari Interconnection Networking dimana setiap komputer yang terhubung pada jaringan internet memiliki identitas unik yang disebut dengan alamat IP (Internet Protocol Address). Alamat IP setiap komputer pasti unik dimana berbentuk kombinasi angka yang menunjukkan identitas sebuah komputer pada jaringan internet.

Dalam web lain disebutkan bahwa Internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan komputer satu sama lain yang menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran sehingga kita bisa saling berkomunikasi, berinteraksi, dan saling bertukar informasi meski dalam jarak yang jauh.

Sejarah Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Fungsi Internet Secara Umum
Internet memiliki beberapa fungsi penting yang sangat dibutuhkan oleh manusia, khususnya masyarakat urban di dunia. Berikut ini adalah beberapa fungsi internet:

1. Sebagai Media Komunikasi
Mengacu pada pengertian internet di atas, maka internet dapat berfungsi sebagai media komunikasi bagi manusia di berbagai belahan dunia.
Penggunaan internet sebagai media komunikasi sudah sangat jamak digunakan saat ini. Hal ini dapat kita lihat dengan munculnya berbagai situs media sosial dan aplikasi chatting yang memudahkan setiap orang untuk berkomunikasi.

2. Sebagai Media untuk Akses Informasi
Era internet adalah era keterbukaan. Artinya, dengan kehadiran internet maka manusia lebih mudah mengakses berbagai informasi penting.

Bila dulu manusia harus membaca buku untuk mendapatkan informasi, maka sekarang hal itu dapat dilakukan melalui internet. Bahkan keberadaan buku digital atau e-book memungkinkan manusia untuk membaca buku secara online.

3. Sebagai Media Bertukar Sumber Daya
Ada banyak orang yang ingin berbagi sumber daya atau data kepada orang lain di seluruh dunia. Hal itu dapat dilakukan dengan melalui internet.
Beberapa sumber daya atau data yang sering dibagikan di internet adalah makalah, karya tulisan, jurnal, foto, video, desain, dan lain-lain.

4. Sebagai Media untuk Akses Berita
Berbagai peristiwa dan tempat yang ada di seluruh dunia bisa dilihat melalui berbagai situs berita online atau media online. Hal ini tentunya dapat dilakukan karena adanya jaringan internet. Semua situs berita online di dunia hanya dapat dibuka bila perangkat kita terhubung dengan internet.

Manfaat Internet Bagi Manusia

Setelah memahami pengertian internet dan fungsinya, tentunya kita juga perlu mengetahui apa manfaat internet. Manfaat internet bagi manusia sangat erat kaitannya dengan fungsi internet itu sendiri.

Manfaat internet secara umum adalah memberikan kemudahan bagi manusia dalam berbagai aktivitas, baik untuk urusan perorangan, urusan pekerjaan, urusan hiburan, urusan kesehatan, urusan perdagangan, urusan keamanan hingga urusan pemerintahan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan internet:

1. Komunikasi Lebih Cepat
Komunikasi antar individu di lokasi yang berbeda menjadi lebih mudah sejak adanya internet. Selain itu, biaya untuk proses komunikasi tersebut juga sangat murah ketika menggunakan internet.
Beberapa cara komunikasi yang sering dilakukan dengan memanfaatkan internet adalah: chatting, kirim email, media sosial, dan lain-lain.

2. Menambah Wawasan dan Pengetahuan
Tidak ada lagi alasan kesulitan dalam mengakses ilmu pengetahuan karena hal itu dapat dilakukan dengan bantuan internet. Keberadaan berbagai situs yang menyajikan berbagai ilmu pengetahuan secara langsung akan menambah wawasan bagi para pengguna internet.
Misalnya, jika seseorang ingin belajar bahasa asing dengan mudah maka ada berbagai situs yang dapat digunakan secara gratis ataupun berbayar. Atau ketika seseorang ingin belajar bermain gitar dari seorang ahli dengan gratis, maka hal itu dapat dilakukan berkat internet, misalnya dengan menonton tutorial gitar di YouTube.

3. Kemudahan Dalam Berbelanja
Konsumen online di Indonesia tumbuh begitu cepat. Ini adalah bukti bahwa internet memberikan kemudahan dalam hal berbelanja apapun secara cepat dan murah.
Dari sisi pengusaha, keberadaan internet tentunya membuat proses pengembangan usaha menjadi lebih mudah, cepat, dan murah. Jadi, tidak heran mengapa bisnis e-commerce di Indonesia berkembang pesat.

4. Kemudahan Dalam Pemasaran Bisnis
Pelaku bisnis sudah seharusnya menggunakan internet sebagai media pemasaran. Ada beberapa kelebihan internet marketing dibandingkan pemasaran konvensional, diantaranya:
  • Biaya pemasaran cenderung lebih murah
  • Dapat membidik target market tertentu
  • Dapat menjangkau lebih banyak orang
  • Membangun brand lebih cepat
  • Dan lain-lain
Metode pemasaran online pun sangat beragam, sehingga para pengusaha tidak kehabisan ide untuk menjelajahi kemungkinan pemasaran terbaik bagi bisnisnya.

5. Sarana Hiburan
Internet juga merupakan media yang sangat digemari sebagai wahana hiburan, terutama generasi milenia. Beberapa situs internet yang sering dijadikan sebagai tempat hiburan adalah YouTube.com, Facebook.com, Instagram.com, dan lain-lain. Berbagai konten di internet dapat menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat.

6. Kemudahan Dalam Mencari Informasi
Kemudahan dalam mencari berbagai informasi di internet juga menjadi manfaat yang sangat dirasakan masyarakat sekarang ini. Contohnya, ketika seorang pencari kerja mencari lowongan pekerjaan, maka kita dapat membuka berbagai situs lowongan kerja yang ada di internet.

TUGAS INFORMATIKA ...

=> Kerjakan tugas Informatika yang telah disiapkan menggunakan Aplikasi GOOGLE FORM, untuk mulai mengerjakan klik Link Tugas di bawah ini ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar